August 16, 2014

Bapak Israel-Indonesia


Senin, 14 Juli 2014
 

Setelah 1 jam perjalanan yang lumayan bikin mata kriyep-kriyep, akhirnya kami pun tiba kembali ke daratan. Kami pun berpisah sama yang lain-lain, tinggal aku, Ken, Coskuu, dan Katya. Matahari musim panas yang lumayan bikin klepek-klepek, membawa kami ke cafe yang jualan es krim, jus, dan cake. Kaki yang berasa hampir copot, akhirnya nggak jadi copot gegara akhirnya kami nongkrong bentar di cafe itu. Setelah beberapa saat ngobrolin hal-hal yang biasanya dirumpiin cewek-cewek, tiba-tiba seorang bapak-bapak dengan rambut setengah kinclong (baca: gundul), nyamperin aku sama Ken. Dengan mata berbinar-binar dan hati berbunga-bunga, tuh bapak menyapa kami dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Aku dan Ken pun terkesima. Antara percaya dan nggak sama apa yang kami dengar.   

Tapi kemudian, si bapak tetap nyerocos dalam Bahasa Indonesia, hingga akhirnya aku dan Ken pun tersadar dari ketidaksadaran kami.

Si Bapak : Assalamualaikum. Dari Indonesia ya?
Aku dan Ken : *salingtatap* Walaikumsalam. Iya.
Si Bapak : Aduuh senang sekali bisa bertemu kalian. Apa kabar?
Ken : Baik, Pak. Baiiik..
Si Bapak : Dari mata kalian, saya bisa tau kalian dari Indonesia. Ada perlu apa di sini?
Ken : Kami ikut exchange, Pak
Aku : Lho, bapak kok bisa Bahasa Indonesia?
Si Bapak : Oooo saya 10 tahun tinggal di Jogja. 5 tahun tinggal di Bali. Saya kerja di sana.
Aku dan Ken : Oooo..
Si Bapak : 2 hari lagi, saya akan ke Indonesia, kalau ada yang saya bisa bantu, ini nomor HP saya.
Ken : Waah.. nomor s**pati
Si Bapak : Iyaaa telkom***
Aku dan Ken : Hahahahahahahahahaha

Dari percakapan sama Bapak itu, kami tau bahwa dia orang Israel. Pas tau si bapak orang Israel, aku dan Ken langsung berpandangan, melototin satu sama lain, sambil siap-siap ngangkatin semua kursi dan meja di tuh cafe buat nimpuk si bapak. Tapi, pas si bapak lanjut nyerocos dengan ramahnya, kami pun menunda untuk melakukan pertumpahan darah di cafe itu. Kami nggak mau dideportasi cuman gegara melakukan penyerangan dengan kursi dan meja. Si bapak ternyata orangnya baik banget. Dia bisa 5 bahasa, salah satunya Bahasa Indonesia. Dia bahkan bisa sedikit-sedikit Bahasa Jawa. Kami ketawa ampe perut mau jebol gegara logat Bahasa Jawa-nya yang hancur bin aneh. Ini pertama kalinya aku berkelana di negeri orang, dan kehadiran bapak itu, entah bikin aku semakin kangen rumah, atau malah ngobatin homesick. Mungkin di antara keduanya. Yang jelas, aku bersyukur banget dipertemukan sama si Bapak itu. Dia bahkan nraktir kami es krim dan kami pun menyambut barang gratisan itu dengan bahagia sehat sentosa. Coskuu yang sama sekali nggak ngerti pembicaraan kami pun bersenda gurau dengan si bapak lantaran es krim rasa cofee mint gretong-nya enak bingit. 

to be continued...
Share:

0 comments:

Post a Comment